Minggu, 14 Januari 2018

( Self Reminder ) Jangan Pernah Meragukan Kekuatan Doa..

Assalamualaykum Warahmatullahi Wabarakatuh...



hmmm kali ini mari sekilas mengkaji kembali apa itu Rukun Iman, masih pada hafal dan pahamkan apa itu rukun iman hayok tunjuk tangan 🙋 yang masih pada hafal..hehehe
Rukun dalam frase ‘Rukun Iman’ merupakan sebuah landasan, dasar atau asas. Kita belum dikatakan sempurna dalam beragama apabila tidak meyakini dan mengamalkan apa yang terkandung dalam rukun Iman yang 6 tersebut. 6 rukun Iman ini memiliki makna yang saling berhubungan. Dengan demikian, kita haruslah mempercayai dan meyakini kesemuanya.


Rukun iman itu ada 6 :
  1. Iman Kepada Allah
  2. Iman Kepada Malaikat - Malaikat Allah
  3. Iman Kepada Kitab - Kitab Allah
  4. Iman Kepada Rasul Allah
  5. Iman Kepada Hari Akhir ( Kiamat )
  6. Iman Kepada Qada dan Qadar
 Yang akan saya bahas saat ini hanya salah satu dari Rukun Iman yang 6 tersebut yaitu Iman kepada Qada dan Qadar yang maknanya seseorang yang meyakini Qada’ dan Qadar Allah tidak akan menjadi muslim yang sering mengeluh, sebab mereka meyakini bahwa semua kejadian yang baik atau buruk adalah dari Allah SWT. Allah telah menetapkan takdir baik dan buruk untuk semua makhluk-Nya, bahkan jauh sebelum kita lahir ke dunia ini.

Kira kira pernah ngak sih ngerasain ditanyain ini itu sama orang dengan nada yang remehin gitu??
  • Udah nikah belom? kok belom sih...kamu pilih pilih yaa??
  • Udah punya anak belom ? kok belom sih... ngak bisa ya bikinnya?
  • Eeeeh udah punya anak berapa? kok baru satu ngak nambah lagi?
  • Kamu kok lahirannya Cesar sih? takut yaa dan bla bla blaa......
Udah nanya dengan nada sok gitu, trus pake kalimat ngak ngenakin lagi... pastinya tersinggung donk.
dan bikin dongkol hati, sebenarnya sih kalo nanya masalah gituan dengan nada biasa dan disertai dengan doa yang baik kita ngak bakalan tersinggung.

Nahh kita kembali lagi dengan Rukun Iman yang ke 6 tadi, tentang Qada dan Qadar yaitu TAKDIR,
menurut kalian siapa sih yang ngak pengen nikah secara dalam segi umur sudah matang dan sudah dikatakan siap untuk menikah, apa Jodoh itu bisa di atur oleh manusia? ngak kan apa menurut kalian yang nanya tadi bisa menjamin jodoh yang kita terima itu bukan setelah memilih terlebih dahulu? ngak mungkin donk ketemu langsung jadi nikah. Jodoh itu Allah yang ngatur kalo ketemu yang pas dan sesuai syariat juga ngak bakal bisa dielakin lagi karena Allah sudah bilang kunfayakun....benerkan.

Terus yang suka nanya udah punya anak belom? kok belom sih? ngak bisa yaa bikinnya ?
Helloo...emang kalian pikir anak itu adonan apa? emang kalian anggap anak itu suatu benda yang ngak ada Ruh atau jiwanya? Hidup dan mati seseorang itu manusia ngak ada yang tau.
Nanya sih boleh tapi jangan menyinggung.

Takdir setiap insan itu tidak ada yang pernah tau, bagi yang pernah dihujanin pertanyaan tersebut jangan pernah berkecil hati, yakin akan takdir Allah bahwa Allah tak pernah sia sia terhadap ummatnya dan ngak pernah lupa akan doa setiap doa dari hambanya yang bersungguh sungguh, bersabarlah dan terus berdoa.


" Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya,"
 [Surah Al-Baqarah ayat 286].

 dan jangn pernah menyerah untuk selalu berusaha.

Pada surat  Al Insyirah yakninya :
أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ (1) وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ (2) الَّذِي أَنْقَضَ ظَهْرَكَ (3) وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ (4) فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (5) إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (6) فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ (7) وَإِلَى رَبِّكَ فَارْغَبْ (8)
Artinya :
“Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,(1) Dan Kami telah menghilangkan dari padamu bebanmu,(2) yang memberatkan punggungmu? (3) Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu. (4) Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, (5) sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.(6) Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, (7) dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.(8)”

berikut doa dimudahkan dari segala urusan :

 
Berbuat baik dan berkata baiklah kepada orang disekitarmu, niscaya orang akan berlaku baik juga terhadap dirimu.

Bagi yang suka nanya hal yang diluar batas kemampuan manusia jangan sampai menyinggung perasaan orang lain yaa... doakan saja yang terbaik buat mereka....

Dan bagi sahabat yang belum terwujud doanya jangan pernah meragukan setiap doa ya karena doa itu pasti akan di Ijabah oleh Allah SWT bahkan dengan cara yang tidak terduga.. Aaaminnn...bersabar,semangat dan keep fighting yaa...doa yang terbaik untuk kalian.

semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

4 komentar:

  1. Saling doakan ya vi... Moga lahiran kamu lancar, baby sehat, mamanya selamat.. Aku nyusul nikah.. Hihihi..

    BalasHapus
  2. Aaminn...inshaallah hihihi nnti nurul nikah jgn lupa ngundang aku yaah...

    BalasHapus
  3. The Power Of "DOA", saya sangat senang dan antusias ketika berdoa kepada Allah, dan saya yakin kalau Allah akan mengijabah dengan caranya yang tidak pernah di sangka-sangka.

    Salam kenal mba, semoga selalu di berikan kesehatan amiiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaminn... salam kenal juga mas,terima kasih sudah mampir di blogku.

      Hapus

Hebatnya Seorang Ibu

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillah nulis juga hehee, apa kabarnya shay? semoga selalu sehat dan bahagia yaa.. aaminn...